Friday, June 14, 2013

Bali (Part 3)

Ini bagian terakhir dari jalan-jalan gue dan temen-temen ke bali kemaren. Postingan sebelumnya bisa baca disini dan disini ^^. Di postingan ini foto-fotonya gak sebanyak postingan sebelumnya, karna camera dan hp kita udah pada mokat lupa di charge.. hakhakhakk

DAY 3 – 30 Mei 2013

W hotel



Udah lama gak ke bali, banyak banget yang berkembang, banyak tempat-tempat baru yang bagus dan layak dikunjungin. Salah satunya W. di sini sih sebenernya kita cuma numpang poto-poto aja.. ahahaha.. soalnya kita rencana mau makan di Potato Head terus kepengen makan soto babat juga.


W dan Ayana sama-sama hotel berkelas tapi beda konsep. Kalo W lebih modern, sedangkan Ayana klasik, adem, sejuk. Gue sih lebih demen Ayana, tenang kayak dipedesaan gitu.







ditiap bangkunya ada bantal bibir gitu. lucu yaaa


Kita gak lama-lama di sini, karna kita udah kelaperan.

POTATO HEAD




foto dari trendland.com

Pothead ini lokasinya persis sebelahan sama W. pas sampe sana, ternyata udah penuh dan rame banget bok! Kita gak kebagian tempat dan waiting listnya juga panjang. Tapi karna pengen cobain makanan dan minuman di sini, akhirnya tetep kita tungguin.


yang unik dari Pothead itu bagian depan resto yang didesain penuh dengan jendela tua dari kayu dan warna-warni. bagussss






katanya sih ini ramenya gak seberapa. kalo lagi rame banget, itu rumput-rumput yang ditengah juga bakal penuh sama orang yang duduk-duduk nunggu tempat


Namanya juga beach club, jadi gak cuma bisa makan doang tapi bisa berenang juga! berenang, liat pemandangan cakep, plus makan enak. komplit!



Kisaran makanan di Pothead ini dari 65K – 500K gitu, sedangkan minumannya dari 45K ke atas. Kita gak bisa motoin minuman dan makanan yang kita pesen, soalnya gelap banget! Kamera udah mati, handphone juga udah pada sekarat. Menurut gue makanan disini enak-enak tapi porsinya seiprit. Jadi kita tetep laper aja dong. Hahahah..


taun depan kudu ke potato head lagi! :)

SOTO BABAT

Dari Pothead kita balik ke wilayah sekitar kuta. Di sana ada soto babat yang enak banget kalo kata Dot. Soalnya taun lalu pas dia ke bali, si dot mampir ke sini. Dan ternyata rame banget yang beli. Kita lagi-lagi harus nunggu bentar biar dapet tempat duduk. Tempatnya emang dirumahan gitu, agak masuk ke gang.

Maaf untuk keterbatasan foto, HP udah pada mokat soalnya. Hahaha.. btw, soto babatnya recommended!! Beneran enak trus banyak isinya. Harganya murmerr.. semangkok hanya 12K aja pemirsah. Kalo pake nasi jadi 15K.

Oya, lagi asik-asik makan soto, datenglah sekumpulan orang yang kalo diliat dari gaya-gayanya si macem anak gahul Jekardah gitu. Yak, ternyata salah satu cowok itu ada temennya Dot. Terjadilah adegan Dot manggil-manggil terus temennya heboh nyamperin Dot sambil cipika-cipika. Temennya Dot ini DJ dan kebetulan lagi ada job di Bali. Sedangkan Dot seru ngobrol, kita mah tetep anteng makan soto.

BEACH WALK

Di sini maklum ya, gak ada foto sama sekali. Ahahhaha.. BW ini mallnya Bali, bagus sih. Tapi yang namanya mall ya gitu-gitu aja ya. Kita juga cuma muterin lantei satu abis itu keluar lagi. Dan karna besok kita flight pagi, jadi kita gak mau pulang malem-malem ngeri bablas trus ketinggalan pesawat. Kan gak lucu yaaa..

PACKING

Sampe hotel dan masuk kamar, kita lemes ngeliat barang yang membengkak dan berserakan dimana-dimana. Bagian yang paling males kalo liburan tuh saat harus beresin barang-barang yaaa.. sambil males-malesan kita beresin juga. Bawaan gue dari 1 tas sekarang nambah jadi 2! Dot ama Mba juga gitu. Alamat gak muat nih bagasi~~ karna kita harus bangun jam 6 pagi, kita pun segera tidur.

BUDGET & TIPS

Selama 4 hari 3 malem ini gue sendiri abis 2500K (termasuk pesawat PP, Hotel, Driver, makan dan belanja di sana). Sebenernya bakalan lebih murah kalo kita gak pergi ke Rockbar, Potato Head, sama nginep di Amaroossa. Trus karna ber4 bayar mobil jugak jadi mahal (kita abis 1250K buat sewa, itu termasuk tip untuk Pak Digo).

Tips dari gue sih kalo mau ke Bali ala-ala backpacker, coret Rockbar, Potato Head & Amaroossa dari list. Udah gitu rajin-rajin liat Disdus atau Living Social atau web deal lainnya, karna mereka suka kasih penawaran yang menarik dengan harga yang tjakeb! Kalo mau clubbing juga cari yang free flow, cari yang geratisan lah pokoknya.

Trus kalo mau tetep sewa mobil harus perginya rame-rame biar patungannya murah. (Mobil Pak Digo muat sampe 8 orang loh!). adeknya Dot, Si Holly waktu taun lalu ke Bali 7 hari, 8 orang. Dia cuma abis 2000K aja dong!! Itu udah pake acara minum di W! kita aja moto-moto doang di sana.. hakhakhakk.. dan saat itu mereka nginep di Tune Hotel ( gak ganti-ganti hotel kayak kita)

Kita harus pinter nawar! Pokoknya jangan mau dikibulin. Kayak maen Watersport, pricelist itu biasa harga buat bule-bule, nah kita jangan mau disamain. Tawar setengah dari harga yang dikasih, pokoknya harus nawar! Kalo urusan nawar, biarkan cewek-cewek yang handle ya.. hahaah. Dan kayak belanja baju di Sukawati, itu ibu-ibu yang jualannya pada jago-jago ngomong dan ngehasut buat beli, kita gak boleh gegabah. Misal, dia nawarin baju harga 60ribu, harus nawar sampe 20ribu! Keliatannya kejam, tapi emang kita harus tau harga pasarannya.  Karna harga baju-baju di Sukawati itu dari 10-30ribu, lebih dari itu ya nawar. Ama harga gelang-gelangan kalo beli banyak palingan jadi 1K/gelang. Murah abiss..

Oh iya 1 lagi tempat kece yang kemaren gak sempet di kunjungin (termasuk tempat yang harus dicoret dari list backpacker), namanya Warung Alila di uluwatu (bisa search di google yak), namanya sih warung yah tapi harga makanannya bikin pala nyut-nyutan alias mahal banget! Hakhakhakk.. kita sempet gugling gitu kan, dan tempatnya emang super baguusss, trus kita liat tuh harga menunya, seketika bengong. Harga gado-gado aja 90K dong! Ada harga makanan yang menurut gue gak masuk akal, dan sempet terjadi percakapan bodoh antara gue ama Dot.

Gue : Anjirr,, Dot ini kagak salah Sop daging harganya 200K??
Dot: iya! Gila yah mahal banget! Tapi tempatnya bagus Bun.
Gue: itu harga segitu dapetnya semana? Sepanci kali ya? *emoticon muka datar*
Dot: Bego lu. Semangkok lah..
Gue: ….
Dot: ….
*hening panjang*

Kalo beli sop di abang-abang, harga segitu udah dapet sama gerobak-gerobaknya kali (yailahh, masi aja dibahas, theeee.. hahaha). Sama ada mushroom soup harganya lebih fantastis : 390K! dan taxnya juga gak tanggung-tanggung, biasa cuma 10%, disana 21%! *pingsan*

Tapi karna penasaran dengan tempatnya, next time sih harus ke sana~~ udah ada yang pernah kesana belom? Beneran bagus gak sihh?

Yaudah segitu aja dehh..

Sayonara Balii~~ mudah-mudahan taun depan gue bisa kesini lagiiiii^^

----------------------
EXTRA BONUS! – PAK DIGO


Inilah orang yang berjasa banget selama kita di Bali. Pak Digo ini driver yang paling oke menurut kita. Dari awal aja kita udah luluh sama kebaikannya. Trus Pak Digo ini peka banget loh, dan super perhatian sama kita.

Waktu pertama kali ketemu contohnya. Kita tuh kan laper, terus pas di dalem mobil menuju Amaroossa, Dot ngeluarin snack gitu.

Gue : Dot, enak sih nih, tapi air minum gue abis. Seret, ausss

Dan tau gak apa yang dilakukan Pak Digo?

Pak Digo : *berhentiin mobil* Mbak-mbaknya sebentar ya. Biasa saya mau ke ATM dulu.

Kita cuma ngangguk.

Ternyata Pak Digo boong! Dia gak ke ATM tapi malah ke minimarket buat beliin kita masing-masing minum! Seketika kita langsung luluhhh.. cuma karna gue bilang aus, dia langsung beliin minum!

Pak Digo gak hanya sebagai driver, tapi dia udah kayak guide kita. Dia nunjukin lokasi-lokasi yang bagus, dia juga yang ngasih kita berbagai saran, dia yang bantu kita moto-moto, dan dia juga tempat kita mengadu.

Waktu kita bête sama perlakuan Mawar Kuning Watersport, Pak Digo ngajak kita buat ke tempat watersport lain. Trus waktu kita susah minta duit parasailing Dot karna dia batal maen, Pak Digo yang turun tangan.

Pak Digo juga hapal sama jalan-jalan di Bali sampe ke jalan pintas juga tau. Dia tau semua tempat, dari tempat-tempat mahal sampai yang merakyat. Selain itu dia jago bahasa inggris! Makanya waktu bulan lalu mantan bos Dot maen ke Bali, Dot saranin buat pake jasa Pak Digo.

Yang terpenting Pak Digo gak genit dan gak bau ketek! Hahaahaha.. bayangin aja kalo orangnya genit, bakal ngerasa gak aman, ditambah kalo bau ketek, kita bisa pucet kali sepanjang jalan..

Sebenernya biaya sewa itu 350K / 10 jam, tapi lagi-lagi Pak Digo baik bangettt. Mau kita pergi dari pagi dan pulang tengah malem pun dia gak kenain charge. Makanya kita sempet kecewa berat waktu hari ke 3 Pak Digo gak bisa anterin lantaran dia harus bantu nikahan temennya, trus driver yang dia kasih buat gantiin dia bener-bener 10jam, lebih dari itu kena charge 10% (dan kita pakenya 14jam). Trus orangnya juga gak peka, gak komunikatif.

Pas malem-malem contohnya, mobil kita ngelewatin Havaianas, Dot nyeletuk : Ah, gue mau ke sana mau beli sandal.

Eh dicuekin dong, tetep aja jalan. Akhirnya Dot ngedumel : ihhh, coba Pak Digo. Dia pasti langsung muter balik dan nganter kita ke sana!

Inti dari intinya, kita seneng banget selama di sana ditemenin sama Pak Digo yang baik hati.

Pak Digo, I heart you laaahhh~~~~

Ps: nih no Hp Pak Digo 081802381818. Dia bisa nganter gak cuma ke Bali, tapi bisa sampe Lombok juga.

Dadaahh

*kibasponi*

6 comments:

  1. Boleh juga nih pak Digo nya wkwkwk .. Catet no nya ah, sapa tau ada keperlun di Bali. BTW emang yang dituju bukan backpacker abis. Mahal2 semua hahaha .. Tapi Bali emang tambah maju, ga rugi deh mahal2 gitu ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa dicatet ajaa.. tapi klo mo booking pak digo harus jauh2 hari, minimal 2mgu sebelumny soalny jadwal dy padet.

      Ohh kirain ko2 demen yg ala2 backpacker~~ sayang sih klo kbali tp gak ktempat yg baguss

      Delete
  2. minta emailnya pak digo dan trip listnya dong serta biayanya yg dikeluarkan tiap objek...
    so bisa lebih detail ga..?
    :)
    tertarik niii...

    by the way kayaknya menyenangkan ya rame2 ke Bali....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai dihas.. aku gak punya email pak digo cuma ada no hp nya aja..

      untuk trip list, aku jelasin disini aja yaa^^

      Tiket pesawat PP 525rb (bisa lebih murah klo pinter2 cari waktunya)
      hotel amaroossa 600rb/night incude breakfast
      (ini beli voucher, harga normal 1.6jt/night)
      hotel everyday 250rb/night
      (beli voucher juga, harga normal sekitar 400rb/night)
      sewa driver 350rb / 10jam / hari (belom termasuk tip)

      KULINER
      nasi pedes bu andika 15-25rb tergantung menu yang dipilih
      nasi ayam ibu oki 15rb/porsi
      babi guling chandra 35rb / porsi
      rockbar (ayana) range harga 65rb ke atas
      potato head range harga 45ribu ke atas
      soto babat (daerah kuta, tanya aja yg paling enak disana) 15rb / porsi
      naughty's nuris range dari 25rb ke atas

      BELANJA & Oleh2
      sendal joger dari 25rb-30rb /pasang
      pasar seni sukawati dari 10-50rb / barang (harus pake nawar ya)
      pie susu:
      di pusat oleh2 daerah kuta harga 1000/buah
      kalo di denpasar 'pie susu enak' harga 2500/buah
      sebenenya kalo pie susu rasanya sih mirip2 ya.. cuma yg di denpasar yg merek 'enak' itu emang lebih enak, lebih empuk..
      kacang bali : 12500 / bungkus (wajib dibeli)

      WATERSPORT
      ada macem2 sih ya, kebanyakan permainan di Tanjung Benoa - Nusa Dua
      varian:
      babana boat
      tubing
      snorkling
      diving
      wisata pulau penyu
      parasailing
      sea walker
      range harga 90 - 500rb (harus nawar juga, kalo bisa beli paket. biasa mereka nawarin paket 3 permainan harga 500rb, tapi tawar lagi aja)

      PANTAI
      kalo ke pantai sih biasanya gratis ya, paling waktu ke secret beach (pantai pandawa) dikenain biaya 13rb / mobil

      CLUBBING
      kalo pergi weekdays, biasa club2 disekitar kuta suka kasih free flow gitu alisan minuman gratis antar jam 8-10malem. Club yg gede dikuta : VIP dan Sky Garden, ada banyak sih sebenernya.

      jadi kalo mo nikmatin night life nya bali geratisan, masuknya dibawah jam 10^^ cuma minumnya jng kebanyakan juga mentang2 free, kalo sampe mabok ribet urusannya..hahhahaha

      bedanya Kuta dan Seminyak bisa diliat dari bule-bulenya..hahahaah.. kalo bule kuta lebih ke bule backpacker yang dari gayanya santai, nah kalo di seminyak bule-bule berkelas yang rapih-rapih. terus dari makanannya juga lebih mahal di seminyak..

      mudah2an bermanfaat yaa^^

      Delete
  3. wah, detil banget... saya belum pernah ke bali *kuper banget* dan baca ini bisa jadi modal saya ke bali kapan2 *entah kapan?* hehe
    eh, oleh2x mana mbak thea? *apa-apaan ini!*

    aaaa... seru sekali ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oleh2nya udah abisss..hahahaha..

      Nabung dulu ajaa, pasti kesampean kok kesana^^

      Delete